Cara Membersihkan Lemak Pada Peralatan Masak

18-April-2017 Tips


Membersihkan peralatan masak bisa menjadi hal yang sangat menantang. Apalagi jika Anda gemar memasak makanan berlemak yang mengandung santan atau dairy product. Sisa makanan yang menempel di panci, wajan, dan bahkan peralatan makan bisa jadi kotoran yang sulit dibersihkan. Agar masalah ini bisa diatasi, coba deh Moms coba langkah-langkah mencuci peralatan masak berikut ini.

Merendam Cucian
Saat ada kotoran yang sulit dibersihkan, sebagian orang cenderung menyikatnya sekuat tenaga dengan spons. Namun gosokan yang terlalu keras justru bisa membuat peralatan masak Anda lecet. Ketimbang membuang tenaga untuk sesuatu yang tidak ada hasilnya, lebih baik lakukan trik sederhana ini. Siapkan wadah air yang besar (baskom, ember, atau bak plastik, sesuai dengan ukuran peralatan yang akan dicuci). Isi dengan air hangat dan campurkan 1sdt sabun pencuci piring - Anda bisa menggunakan lebih banyak jika wadah air Anda besar—kocok air sebun tersebut dengan tangan dan rendam peralatan yang akan dicuci selama 5-10 menit. Setelah diangkat, kotoran akan lebih mudah terangkat. Anda cukup mencucinya dengan spons seperti biasa dan tidak perlu digosok terlalu keras. Bilas hingga bersih.

Spons  yang tepat
Ada beberapa jenis spons pencuci piring yang biasa Anda temui. Gunakan dengan tepat sesuai dengan fungsinya. Beberapa jenis spons yang umum digunakan untuk mencuci piring dan peralatan dapur adalah spons selulosa, spons abrasif, dan spons nylon. Spons selulosa adalah spons warna-warni yang mudah ditemukan, spons ini memiliki daya serap tinggi dan tahan lama. Spons abrasif trbuat dari material kasar dan umum digunakan untuk membersihkan panci dan wajan. Sedangkan spns nylon digunakan untuk peralatan masak yang dilapisi teflon sehingga dapat membersihkan tanpa menggores perabot.

Gunakan air dingin
Walaupun merendam perabot dengan air sabun hangat dianjurkan, namun khusus untuk membilas es krim atau mentega , bilaslah dulu dengan air dingin sebelum direndam dengan air panas. Cara ini lebih efektif untuk mengagkan kotoran dan menghilangkan licin.

Campurkan baking soda
Baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan lemak dan kotoran membandel. Campurkan 1sdm baking soda ke dalam campuran air pencuci piring, gosokan pada peralatan yang berminyak atau berlemak. Bilas hingga bersih sebelum mencucinya dengan sabun pencuci piring.

Sabun Anti Bacterial
Hal yang paling penting saat mencuci peralatan masak dan makan yang berlemak adalah dengan memilih sabun pencuci piring yang tepat. Gunakan SOS anti bacterial yang bebas formalin dan dijamin ampuh membersihkan peralatan makan di rumah Anda. Kandungan Aloe Veranya mampu menjaga tangan tetap halus dan lembut. Hadir dalam varian Lemon Fresh dan Lime Fresh, aman bahkan untuk membersihkan peralatan makan bayi dan buah-buahan.